Jumat, 25 November 2016

PENGENALAN TERHADAP BAHASA PEMROGRAMAN DAN PERANNYA


Pengenalan Terhadap Bahasa Pemrograman dan Perannya

A.  Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman memiliki beberapa tahapan dalam mewujudkannya menjadi sebuah program, berikut adalah urutannya:
                           i.          Algoritma
Bahasa pemrograman itu ada berbagai macam jenisnya seperti; C, Python, Java dsb. Namun dalam menggunakannya kita memerlukan langkah dan urutan bagaimana program yang kita buat dalam Bahasa pemrograman tersebut akan bekerja, kare itulah kita perlu Algoritma. Menurut Team Gunadarma pada tahun 1998, algoritma adalah sebuah himpunan hingga dari instruksi-instrukis yang jelas memperinci langkah proses pelaksanaan, dan di tuntut bahwa himpunan instruksi ini dapat dilaksanakan secara mekanik. Jadi, algoritma adalah susunan langkah sebuah proses pelaksanaan dari suatu masalah.
Penyajian Algoritma ada 3 macam diantaranya ada Deskripsi, Pseudocode dan Flowchart. Algoritma Pseudocode adalah algoritma yang sudah hamper berbentuk seperti syntax yang siap di gunakkan dalam pemrograman. Apa itu syntax?
                          ii.          Syntax
Syntax adalah aturan yang menentukan urutan dan gabungan yang benar dari symbol yang di gunakkan dalam pemrograman. Setelah selesai dengan bagaimana pemikiran logis dari algoritma program berjalan, programmer selanjutnya memasukkan algoritma tadi kedalam syntax dengan mengikuti aturan dari Bahasa pemrograman yang di gunakkan, karena setiap Bahasa pemrogramman memiliki aturan syntax yang berbeda.
                         iii.          Intepreter Pustaka
Interpreter adalah sebuah perangkat lunak yang di gunakkan untuk mengeksekusi code program yang sudah di tulis oleh programmer dan menerjemahkannya ke Bahasa mesin, sehingga mesin bisa melakukan instruksi yang di berikan oleh programmer.
Proses ini berbeda dari compiler yang mengeluarkan hasil yang sudah berbentuk dalam satu kesatuan perintah dalam bentuk Bahasa mesin dimana interpreter hanya menerjemahkannya.
                         iv.          IDE + OS
Integrated Development Environtment atau di singkat IDE adalah program computer yang memiliki beberapa fasilitas yang di butuhkan programmer untuk membuat program perangkat lunak. IDE memiliki fasilitas diantaranya:
-        Editor
Fasilitas yang memberikan kemudahan programmer untuk menulis program mereka
-        Compiler
Fasilitas untuk mengubah syntax yang di buat menjadi Bahasa pemrograman dan mengecek apakah ada sebuah kesalahan dalam pembuatannya.
-        Debugger
Fasilitas untuk mengecek bug/kesalahan dalam syntax
OS(Operating System) adalah software yang berada pada lapisan pertama dari sebuah computer yang di taruh pada memori harddisk computer. Sistem operasi memiliki fungsi untuk menjadi penghubung dari hardware ke software. Selain itu OS menjamin aplikasi aplikasi lainnya berjalan dengan lancar.

       B. Model Pemrograman
Ada 2 macam model pemrograman diantaranya:
a.      Structural Programming
Pemrograman yang terstruktur merupakan prosesyang mengimplementasikan urutan dari langkah untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam bentuk program. Prinsip dari pemrograman terstruktur adalah jika proses telah sampai pada titik tertentu, maka proses selanjutnya tidak boleh mengeksekusi langkah sebelumnya kecuali ada looping dalam algoritmanya.
b.      Object Oriented Programming
Pemrograman yang berorentasi objek adalah pemrograman yang data data dan fungsi di dalam paradigmayang dibungkus dalam kelas kelas atau objek.

       C. Peran Programming
Programming memiliki beberapa peran tergantung dari Bahasa pemrogramman yang di gunakkan, diantaranya:
a.      Jaringan Komputer (C, Java, Python, dll.)
Dalam jaringan computer, Bahasa pemrograman memiliki peran dalam komunikasi data atau dalam pergerakan data dari setiap pengguna dari jaringan tersebut. Dalam system jaringan tersebut, terdapat sebuah computer yang menjadi pusat dari jaringan tersebut yang di sebut sebagai Terminal. Terminal-terminal ini bias di simpan berdekatan dengan CPU atau terpisah. Hampir semua instansi pemerintahan, pendidikan maupun lembaga bisnis menggunakkan terminal. Jadi pengolahan data dan komunikasi dapat dilakukan dengan mudah.
b.      Database (Java, ODBC, Python, dll.)
Database adalah kumpulan informasi yang disimpan dalam sebuah computer yang di susun secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program computer untuk mendapatkan data.
c.      Internet Of Things
Internet of things adalah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari koneksitivitas internet yang dapa tersambung secara terus menerus. Pada hakikatnya, Internet Of Things mengacu pada benda benda yang dapat di identifikasi sebaga representatsi virtual.
d.      Cloud Computing
Cloud computing adaah gabungan dari pemanfaatan teknologi computer dalam jaringan dengan pengembangan yang berbasi internet yang berfungsi untuk menjalankan program atau aplikasi computer yang terkoneksi pada waktu yang sama. Teknologi yang berbasis Cloud ini adalah sebuah system yang mebuat computer menjadi pusat servernya.
e.      Intelligent Transportation System
Intelligent transportation system aadalah system yang bertujuan untuk membuat system transportasi yang mempunyai sebuah kecerdasan, sehingga dapat membantu pemakai transportasi dan pengguna transportasi untuk mendapatkan kemudahan informasi, transkasi dsb.
f.       Parallel Computing
Adalah salah satu teknik untuk melakukan komputasi yang dilakukan secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa computer. Hal ini umumnya dilakukan saat kapasitas yang diperlukan sangatlah besar, baik itu karena harus mengolah data dalam jumlah besar maupun karena tuntutan proses komputasi persamaan matematis.
g.      Bio Informatika, E-Health
Bio Informatika adalah cabang ilmu biologi yang memadukan pengetahuan biologi, bioteknologi maupun biologi molecular dengan tujuan untuk memahami organisme hidu melalui perkembangan bio informasi. 

       D. Tips Pemrograman
a.      Pahami Algoritma
Dalam pemrograman, algoritma adalah dasar dari logika bagaimana sebuah program akan berjalan, maka dari itu anda harus memahami betul algoritma agar dapat menggunakkannya pada program yang anda buat.
b.      Kuasai Syntax
Setelah anda memahami algoritma, anda harus menguasai syntax dari Bahasa pemrograman yang anda gunakkan supaya anda mengerti bagaimana aturan dan symbol symbol yang ada dalam Bahasa pemrograman yang anda gunakkan bekerja.
c.      Pahami Model Pemrograman
Anda harus bias menentukan model dari program yang akan anda buat karena hal ini akan berpengaruh pada Bahasa pemrograman yang akan anda gunakkan.
d.      Berlatih
Berlatih secara tekun maka anda akan terbiasa dengan Bahasa pemrograman yang anda gunakkan.
e.      Studi Kasus Sehari-hari
Studi kasus penting untuk dilakukan untuk mengetahui bagaimana project yang anda akan buat dan bagaimana program tersebut akan digunakkan.
f.       Aktif Dalam Pengembangan
Anda harus aktif dalam pengembangan, baik itu pengembangan project, open source maupun github. Semakin anda aktif dalam pengembangan program anda maka semakin banyak pula ilmu yang akan anda dapatkan

        E. Security
a.      Kesalahan pada Algoritma
Pada beberapa kejadian, adanya error biasanya terjadi karena perintah yang sedang dikerjakan diberhentikan karena tidak dapat dilanjutkan. Biasanya error ini terjadi karena adanya kesalahan pada algoritma yang diterapkan pada program tersebut.
b.      Buffer Overflow
Buffer Overflow biasanya terjadi jika suatu program berusaha menyimpan data ke buffer dimana ukuran data berukuran lebih besar dari ukuran kapasitas buffer. Saat jumlah data melebihi buffer, data yang lebih akan melimpah ke lokasi memory terdekat dan akan merusak data dan bias merubah path dan perintah eksekusi.

        F. Tingkat Bahasa Pemrograman
a.      Tingkat Tinggi
Bahasa tingkat tinggi adalah Bahasa computer yang memakai instruksi yang berasal dari Bahasa manusia seperti; begin, end, if, for, return dsb. Contoh Bahasa tingkat tinggi yaitu, Delphi, Pascal, ORACLE, Python, C, C++, dsb.
b.      Tingkat Rendah
Bahasa ini dikenal dengan istilah Bahasa assembly atau Bahasa yang digunakan dengan memberikan perintah kepada computer dengan memakai kode singkat. Contohnya ada CMP, LOOP, SUB.
Sumber Artikel:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments system

Disqus Shortname